Rabu, 06 Mei 2015

Ubuntu dan Beberapa Turunannya



Setelah memahami apa itu Linux, nah disini saya akan menjelaskan secara singkat beberapa contoh distro linux yang pernah saya pakai mulai dari Ubuntu sampai beberapa turunan Ubuntu. Bagi yang masih bingung dengan Linux bisa cek disini. Oke, langsung saja, check it out...


1. Ubuntu



Gbr. 1 Logo Ubuntu dan Tampilan Desktop-nya

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Saat ini Ubuntu meruoakan distro terbanyak ketiga setelah Linux Mint dan Debian dengan popularitas 1550 (09/11/2015) menurut website distrowatch.com. Nama Ubuntu sendiri berasal dari filosofi Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Linux Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia dan telah dipakai secara luas. 

Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan, Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. 


Ubuntu dirilis dengan memakai nama kode hewan dan dirilis berdasarkan alfabet. Pembacaan kode Ubuntu adalah tahun dan bulan. Contohya adalah 14.10, cara membacanya adalah Ubuntu tersebut dirilis pada bulan 10 tahun 2014. Distro Ubuntu sendiri memiliki turunan yang sangat banyak dan beberapa diantaranya adalah Linux Mint, Ubuntu Studio, Xubuntu, Edubuntu, Lubuntu, Kubuntu, Mythbuntu, Zorin dan sebagainya. Adapun antarmuka tampilan Ubuntu secara default adalah Unity. 


Terdapat 2 versi Ubuntu saat perilisan, yaitu versi LTS (Long Term Support) yang didukung selama 5 tahun dan versi biasa. Versi LTS dirilis sebanyak 1 kali dalam 2 tahun. Ubuntu LTS memiliki tingkat kestabilan yang baik dan memiliki versi pembaharuan (update) yang panjang dibandingkan versi biasa yang kurang stabil dan tidak didukung dalam jangka panjang. Ubuntu dirilis 2 kali dalam setehun yaitu pada bulan 4 (April) dan 10 (Oktober). Versi terbaru dari Ubuntu saat ini adalah Willy Werewolf dengan versi 15.10 dan yang akan dirilis selanjutnya adalah versi 16.04 LTS dengan nama kode Xenial Xerus. Untuk lebih jelasnya mengenai disto Ubuntu, dapat mengunjungi halaman Wikipedia tentang Ubuntu dan untuk mengunduh sistem operasi Ubuntu dapat juga mengunjungi situs resmi ubuntu di www.ubuntu.com.

2. Linux Mint





Gbr. 2 Logo Linux Mint dan Tampilan Desktop-nya

Linux Mint merupakan salah satu sistem operasi turunan Ubuntu dan merupakan sistem operasi linux peringkat pertama menurut website distrowatch.com dengan popularitas 3023 (09/11/2015) dan menyusul Debian di peringkat kedua. Distro Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk Personal Computer, Notebook ataupun Netbook. Dikarenakan Linux Mint ialah turunan dari distro Ubuntu, maka aplikasi yang berjalan di Ubuntu, juga dapat berjalan pada Linux Mint. Walaupun inti dari Linux Mint adalah Ubuntu, namun antarmuka Linux Mint sendiri hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

Beda halnya dengan Ubuntu, Linux Mint memiliki antarmuka default bernama Cinnamon, KDE dan Mate, sehingga memudahkan para pengguna Windows untuk dapat beralih ke Sistem Operasi Linux secara perlahan dan tidak sulit untuk mempelajari linux secara bertahap. 


Linux Mint sendiri dirilis berdasarkan versi Ubuntu terbaru saat ini. Distro Linux Mint sendiri dirilis berdasarkan nama seorang wanita dan dirilis berdasarkan alfabet. Linux Mint sebelumnya adalah versi 17 dengan nama kode Qiana dan versi terbaru saat ini adalah Linux Mint 17.1 LTS dengan nama kode Rebecca dan berbasis Ubuntu 14.04 LTS. Tidak ada perbedaan yang terlalu jauh pada Linux Mint dan Ubuntu. Hanya saja tampilan dan beberapa paket yang berbeda yang terpasang pada Ubuntu dan Linux Mint. Untuk lebih jelasnya mengenai distro Linux Mint, anda dapat mengunjungi Wikipedia tentang Linux Mint dan untuk mengunduh sistem operasi Linux Mint dapat juga mengunjungi situs resmi Linux Mint di www.linuxmint.com.

3. Edubuntu




Gbr. 3 Logo Edubuntu dan Tampilan Desktop-nya


Edubuntu merupakan salah satu turunan resmi Ubuntu selain Linux Mint dan merupakan sistem operasi linux yang dirancang untuk pendidikan bagi anak sekolah.

Edubuntu adalah distro Linux yang dirancang untuk dipergunakan dalam sekolah/ruang kelas. Distro Edubuntu merupakan singkatan dari akronim bahasa Inggris, yaitu Education Ubuntu, yang terjemahan bebasnya kira-kira: "pendidikan untuk semua orang".

Distro Edubuntu sendiri lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi server-workstation. Distro Edubuntu menggunakan aplikasi thin client LTSP, terminal komputer tanpa disk. Desktop Edubuntu sendiri masih menggunakan Unity dan GDM sebagai display manager-nya. Aplikasi yang disertakan sendiri merupakan gabungan dari aplikasi-aplikasi GNOME dan KDE, namun diutamakan aplikasi-aplikasi pendidikan untuk anak umur 6 sampai 18 tahun. Untuk lebih jelasnya, silahkan mengunjungi situs resmi Edubuntu di www.edubuntu.org.


4. Zorin



Gbr. 4 Logo Zorin dan Tampilan Desktop-nya

Zorin merupakan salah satu sistem operasi linux turunan Ubuntu yang dirancang khusus untuk pengguna Windows yang ingin beralih ke linux dan ingin mempelajari linux lebih dalam secara perlahan. Zorin dirilis sesuai dengan perilisan Ubuntu. Versi terbaru Zorin saat ini adalah versi 9. Dan distro zorin sendiri terbagi atas Core, Lite, Educational dan Educational Lite. Versi Educational diperuntukkan bagi siswa dan mahasiswa. Untuk mengunduhnya, dapat mengunjungi situs resmi Zorin di www.zorinos.com.


5. Kubuntu

Gbr. 5 Logo Kubuntu dan Tampilan Desktop-nya

Kubuntu merupakan salah satu sistem operasi linux turunan Ubuntu yang antarmuka tampilannya mirip seperti Windows, namun dalam hal ini, Kubuntu menggunakan KDE Plasma Desktop sebagai antarmukanya. Kubuntu mengikuti sistem penamaan yang sama dengan Ubuntu, yang setiap rilis memiliki nama kode dan sebuah nomor versi berdasarkan pada tahun dan bulan rilis. Canonical menyediakan dukungan dan keamanan pemutakhiran untuk sebagian versi Kubuntu setelah 18 bulan rilis versi tersebut. Kubuntu tersedia pada KDE 3.5 dan KDE 4. Untuk lebih jelasnya, silahkan mengunjungi situs resmi Kubuntu di www.kubuntu.org.

2 komentar: